Blog

Sumpah Pemuda Saatnya Berkarya

Muda adalah sebuah gambaran tentang usia yang penuh energi, semangat dan kekuatan. Semangat yang diwariskan oleh para pemuda di tanggal 28 Oktober 1928…ya tahun 1928, bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia. Itulah kekuatan pemuda yang menjadi tonggak perjuangan bangsa ini. Perjuangan tentu saja tidak pernah berhenti sampai sekarang. Perjuangan hari ini adalah dengan berkontribusi pada bangsa dengan BERKARYA!

Hari ini, 28 Oktober, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini merupakan pengingat peristiwa ketika anak-anak muda dari penjuru Nusantara berkumpul dan berikrar. Mereka, anak-anak muda yang tergabung dalam berbagai Jong, menyatakan diri sebagai satu bangsa.dari berbagai suku namun bisa berkolaborasi mewujudkan satu cita-cita, satu tujuan: Kesatuan Indonesia. Dalam pertemuan tersebut pula untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Apa yang bisa kita pelajari dari Sumpah Pemuda?

Tantangan yang dihadapi oleh anak-anak muda sekarang tentu berbeda dari apa yang dihadapi generasi 1928, ketika Sumpah Pemuda dikumandangkan. Perkembangan teknologi serta perubahan jaman menjadi penanda terjadinya pergeseran masalah, dan kebutuhan serta cara menyelesaikannya.

Berbeda dengan generasi 1928-an sampai era revolusi di mana anak muda mengangkat senjata, generasi sekarang memiliki bentuk perjuangan yang berbeda. Dengan permasalahan negara yang cukup rumit, mulai dari korupsi yang merajalela serta rendahnya kinerja pemerintahan, anak muda Indonesia dapat memberikan kontribusi gagasan ide untuk meningkatkan peran dalam menciptakan teknologi baru yang bisa berguna bagi masyarakat luas.

Untuk menghasilkan karya, yang penting adalah adanya kemauan untuk menyelesaikan suatu masalah, dan memercayai setiap masalah pasti ada solusinya. Solusi itulah yang dipikirkan baik oleh anak muda Indonesia, baik secara perorangan atau kelompok.

Dengan karya, ilmu yang didapat dapat diterapkan langsung dan dinikmati oleh masyarakat secara langsung sehingga seorang pemuda dapat berdampak bagi sekitarnya.

Karya juga merupakan bentuk dari knowledge management. Ilmu yang tidak diatur dengan baik akan terbengkalai dan hanya akan menjadi sampah di masa depan. Sementara, ilmu yang diatur dengan baik akan menjadi asset yang sangat berharga yang dapat dimanfaatkan untuk karya berikutnya.

Karya adalah sesuatu yang penting, apalagi bagi anak muda yang sarat akan perubahan. Karya ada sebagai bentuk implementasi dari apa yang dimiliki oleh seorang pemuda pemudi, baik itu berupa pikiran, penemuan, ataupun harta.

Tanpa karya, tidak akan ada yang dapat disampaikan dan akan hilang dengan sendrinya. Seperti kata seorang sastrawan besar Indonesia, orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.

Sumber : dari berbagai sumber internet

Top