Blog

Kemenkominfo Meluncurkan Situs CekRekening.id

Kemajuan teknologi memang membuat kita jadi lebih mudah bertransaksi, termasuk untuk urusan belanja. Saat membeli sesuatu melalui dunia maya ini, tentulah kita akan melakukan pembayaran via online. Salah satunya, dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening tabungan penjual. Nah, di momen seperti inilah yang krusial, karena ternyata cukup banyak orang tertipu sehingga uang pun lenyap tanpa adanya barang yang tiba.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meluncurkan situs www.CekRekening.id. Situs ini berfungsi untuk melakukan pengumpulan database rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana. Jika Anda ingin tahu apakah penjual yang akan bertransaksi dengan Anda aman, maka Anda bisa cek di situs tersebut. Caranya, cukup pilih nama bank calon penjual dan isi nomor rekeningnya. Nantinya akan ada data apakah rekening tersebut pernah dilaporkan atau tidak.

Atau jika ternyata Anda ditipu, Anda dapat melaporkan rekening tersebut di situs ini. Klik ‘laporkan rekening’, lalu Anda akan diminta untuk mengisi data pemilik rekening dan memilik kategori penipuan yang terjadi. Ada kategori penipuan transaksi online, penipuan investasi, terorisme dan radikalisme, narkotika dan obat terlarang, pencucian uang dan korupsi, prostitusi online, pemerasan, dan kejahatan lainnya.

Tentunya, Anda harus menceritakan kronologi kejadian dan lampirkan bukti-bukti yang ada. Bisa berupa screenshot percakapan, bukti pembayaran, atau bukti transaksi. Dengan melaporkannya, Anda bisa membantu orang lain agar tidak mengalami hal yang sama alias ditipu.

Selain via situs atau aplikasi, Anda juga bisa melaporkannya melalui telepon ke (021) 3845786, via ponsel di 082210101112, atau e-mail ke cybercrimes@mail.kominfo.go.id.

Top